GTR.. Great Teacher Realin  
Monday, January 03, 2011 @ 8:39 AM


oh iya..
selamat tahun baru 2011!
semoga tahun segalanya lebih baik dari tahun2 sebelumnya?
spending a great night in new year eve?
well, i didn't hahahaa...
berhubung taun baruan berbarengan dengan jadwal mudik (hari Jumat), maka ketika sampai Gerbang Tol Cileunyi yg ada adalah kemacetan yg sangat parah, walhasil harus jalan kaki dari Gerbang TOl Cileunyi ke Jalan Cagak dan dari Cinunuk ke Cibiru... ada kali itu sekitar 3 km...
jadi malam tahun baru, saya lewatkan dengan berolahraga, berjalan kaki sejauh 3 km... *applause sendiri*

selepas tahun baru, keesokan harinya mendapatkan mandat untuk nganterin si mamah ke reunian murid2nya
sedikit kilas balik
ibu saya, Realin Setiamihardja, seorang dosen di Universitas Pendidikan Indonesia.. sebelum menjadi dosen, ibu saya pernah mengajar di Sekolah Guru Olaraga (SGO) Kuningan selama sekitar dua tahun lalu pindah ke Bandung di Sekolah Pendidikan Guru (SPG) Negeri 1.. ya, dulu, untuk (menurut ibu saya) menjadi seorang guru SD cukup mengenyam pendidikan setingkat SLTA, ada SPG untuk guru mata pelajaran umum, SGO untuk mata pelajaran olahraga dan PGA untuk mata pelajaran agama.. namun seiring berkembangnya waktu, level pendidikan guru SD ditingkatkan menjadi D2 dan sekarang malah setingkat sarjana.. dan ibu saya, tetap setia mengajar para calon guru Sekolah Dasar tersebut semenjak dulu level SLTA hingga sekarang level sarjana.

dan pada 1 Januari 2011 kemarin, murid2 ibu saya dari di SPGN 1 Bandung Angkatan 1989 (quite old isn't it?.. hahaha 21 tahun) mengundang ibu saya di acara reunian sekolahnya..
acaranya lumayan jauh, di tengah perkebunan di perbukitan daerah Cileunyi, jadi agak was2 juga ketika bawa mobil sedan kesana nyampe? engga? nyampe? engga? takut aja tiba2 mobil nyangkut karena jalan berlobang hahahaha..
ketika sampai di tempat acara, apa yg terjadi? ibu saya dikerubutin layaknya Irfan Bachdim bertemu abegong2 atau artis lain bertemu fansnya.. semua mengerubuti, memberi cipika cipiki dan ciuman tangan.. sangat heran tentunya, karena saya tahu persis baik di sekolah atau di universitas sekarang, ibu saya merupakan guru/dosen killer, terkenal tukang marah2 dan marahin murid/mahasiswa..



dan lucunya lagi.. ada beberapa mantan murid ibu saya yg juga menghampiri saya.. sambil meluk2 terus minta dicium tangannya sambil jembil pipi "iiihh ini si aa ya Bu? kok udah besar gini? dulu mah meni lucu teh suka lari2 di sekolah". hahahahah alamak ya iya lah, udah lewat 20 tahun lebih atuh!.. jadi, dulu ketika saya masih kecil, saya suka sekali diajak ke tempat kerja ibu saya, baik ketika ibu saya sedang ada pelajaran ataupun tidak, kalau ibu sedang mengajar yaaa saya biasanya maen2 sendiri aja di halaman sekolah yg cukup luas itu atau cukup nangkring di perpustakaan, baca2 majalah Kuncung hahahahahah.. jadi ga heran, banyak mantan murid/mahasiswa Ibu saya yg kenal dengan saya..

singkat cerita, banyak mantan murid ibu saya yg mengutarakan kerinduan dengan ibu saya, dari anak murid kesayangan sampai yg dulunya mantan preman sekolah.. sampai2 semuanya menyemangati ibu saya utk berbicara di depan umum, untuk sekedar mengenang bagaimana suara ibu saya..
dan.. ketika ibu saya sedang berbicara, banyak yg menghampiri saya
a, si ibu mah hebat yah awet muda.. masih ngajar aja
a, si ibu mah galak2 tapi disayang murid.. hebat ya?
a, saya mah kagum sama si ibu, mangkanya jadi guru juga pengen kaya si ibu

semuanya menyatakan kekaguman pada ibu saya..
anak mana yang tidak bangga punya ibu seperti itu?
i'm very proud of you mom
ya.. mamah itu sosok guru legendaris, pemarah tapi keibuan.. believe it or not, beberapa muridnya banyak yg manggil beliau dgn sebutan mamah atau bunda.. ibu saya sering berujar, walau penghasilan tidak seberapa, tapi dunia pendidikan adalah hidupnya.. bahkan saya masih ingat, perjuangan beliau demi mengajar, ketika masa transisi dari SGO ke SPG, beliau seringkali bolak-balik Kuningan-Bandung.. bahkan hingga sekarang, di usianya yg sudah menginjak kepala enam, beliau masih sering menghabiskan akhir pekan keluar kota (bahkan hingga Papua) untuk mengajar

ya, buat saya.. ibu saya merupakan sosok guru ideal, Great Teacher Realin

Labels: ,

[ 2 COMMENT(s) SO FAR]