DPLK  
Tuesday, November 30, 2010 @ 9:10 AM


DPLK BRIngin


kemarin berawal dari tweet si putput soal DPLK di BRI, akhirnya jadi tergelitik ingin tahu lebih lanjut mengenai DPLK di kantor saya sekarang.. karena jujur saja, sejak ngantor di sini ga terlalu ambil pusing soal DPLK ini, cuman sebatas tahu saja kalo fungsinya investasi untuk pensiun nanti.. dan akhirnya, mendorong banyak orang untuk lebih memberi pencerahan soal DPLK di BRI itu sendiri.. salah satunya Yoga, rekan 1 angkatan yg pengetahuannya soal kesejahteraan karyawan, investasi dan segala macem urusan duit ternyata sangat ngolotok, dan Yoga pun akhirnya memberikan 30 kultwit tentang DPLK di BRI

selamat menyimak

yogaadita
@a_aldi kultwit #dplk akan dimulai setelah jeda iklan berikut ini ^^ | sori bro musibah perut dulu nih

yogaadita
@a_aldi #dplk 1. sebagai perusahaan, bri punya kewajiban untuk siapkan dana pensiun (dapen) bagi semua pegawai

yogaadita
@a_aldi #dplk 2. di bri dapen dibagi 5 (ini plg tuj. utamany cm bagi2 rejeki bwt anak perush.): PPIP, PPMP, THT, JHT, Prospens (pengobatan)

yogaadita

@a_aldi #dplk 3. PPIP disalurkan DPLK BRI, JHT di Jamsostek, 3 yang lainnya krg jelas di mana, yang jelas anak perusahaan jg

yogaadita
@a_aldi #dplk 4. coba liat di slip gaji deh masing2 ada porsinya buat dapen ini, dari pekerja maupun dari BRI dg istilah nya masing2

yogaadita
@a_aldi #dplk 5. Iuran Pensiun = PPMP (mulai PPS 3 ini udah ga ada), di kita sendiri dapen ini penyaluran danany paling besar, 600 rban/bln

yogaadita
@a_aldi #dplk 6. Iuran PPIP, terbesar ke 2, disalurkan via DPLK BRI, sebulannya 200 ribuan, kalo di PPS 3+, 800 ribuan (krn g pake PPMP)

yogaadita
@a_aldi #dplk 7. Iuran Jamsostek = JHT (Jaminan Hari Tua), seperti biasa disalurkan ke Jamsostek, instruksi pemerintah, biasalah, 250 ribuan

yogaadita
@a_aldi #dplk 8. Iuran THT (Tabungan Hari Tua), ini plg g jelas, sampai skrg aku ga tau ini ke mana, apa, bagaimana, 175 ribuan/bulan

yogaadita
@a_aldi #dplk 9. terakhir, prospens, dulu kalo ga salah, kita pernah bahas kan? intinya buat pengobatan saat kita udah pensiun, 5 ribu/bln

yogaadita
@a_aldi #dplk 10. prospens ini akan berbeda iuran berdasar usia, smkn meningkat, disalurkan, AFAIK, ke BSAM

yogaadita
@a_aldi #dplk 11. ambil msg2 dapen pun berbeda2, ada yg tunai semua (JHT), ada yg model anuitas (PPIP/DPLK), ada yg insidental (prospens)

yogaadita
@a_aldi #dplk 12. msg2 dapen yg disalurkan akan diinvestasikan olh msg2 lembaga pensiun yg ditugasi | lbh jauh soal ini kita bahas PPIP saja

yogaadita
@a_aldi #dplk 13. PPIP kita serahkan ke DPLK BRI utk dikelola | awal kita pertm masuk setauku mode investasi nya PSU100

yogaadita
@a_aldi #dplk 14. PSU100 berarti seluruh dana (100%) diinvestasikan dlm mode Pasar Uang (deposito, obligasi jangka pendek)

yogaadita
@a_aldi #dplk 15. mulai tahun 2007 atau 2008 PPIP kita mulai diubah2 modenya, pertama PSU90 PTP10, yang masuk ke Pasar Uang dikurangi jd 90%

yogaadita
@a_aldi #dplk 16. 10% lainnya masuk ke Pendapatan Tetap, dalam mode ini dana diputar di obligasi pemerintah dan SUN

yogaadita
@a_aldi #dplk 18. sampai akhir tahun lalu diubah lg jadi PSU55 PTP45, alasannya si krn udah ga krisis lg (2008), gain dari PSU mulai menipis

yogaadita
@a_aldi #dplk 19. tapi IMHO plg ini cm strategi masarin PTP nya aj | mgkn kalo dapen boleh ditaruh di Saham (SHS) ditaruh jg kali ^^

yogaadita
@a_aldi #dplk 20. selain utk korporat, DPLK BRI jg masarin utk publik (PSU, PTP, SHS, dan Campuran) | ini maksud @nyx12 buka lagi sendiri

yogaadita
@a_aldi #dplk 21. dg buka DPLK sendiri g perlu terikat dg aturan DPLK PPIP yg harus PSU55 PTP45, bisa SHS40 PTP60 misalnya

yogaadita
@a_aldi #dplk 22. kalo mau buka DPLK, langsung aja ke Uker BRI yang melayani sistem Brivest bro ^^ pilih mode sendiri sesuai pengen

yogaadita
@a_aldi #dplk 23. krn dapen kita benernya limited, dianjurkan tmbh dapen lg, tp terserah pribadi msg2, DPLK BRI ok, LM ok, deposito ok

yogaadita
@a_aldi #dplk 24. tergantung tipe pribadi masing2 mode investor apa yg cocok | yang jelas BRI udah sisihkan dapen minimum bwt kita

yogaadita
@a_aldi #dplk yang tadi udah penutup koq, the end, fin | any question? ^^ | tanganku yo udah mulai pegel ;p

yogaadita
@a_aldi lanjut sdkt #dplk 25. ga perlu buka rek. DPLK baru, bs jg lsg setor ke rekening DPLK korporat, tp ya gitu ikut mode yg udh ditetapin

yogaadita
@a_aldi #dplk 26. setor uang tmbhan otomatis akan dibagi as mode, 55% ke pasar uang, 45% ke pendapatan tetap, skrg dg SMS banking pun bisa

yogaadita
@a_aldi #dplk 27. yg jd catatan 1, krn titelnya dapen DPLK BRI agak ribet buat cairinnya, ga sefleksibel dibanding tabungan rencana misalnya

yogaadita
@a_aldi #dplk 28. krn rata2 ditaruh di deposito bunga nego, kalo buat pasar uang ga kenal kata turun lo, naik terus walaupun sedikit2 ^^

yogaadita
@a_aldi #dplk 29. buat investor tipe konservatif suka taruh2 di deposito mending ambil ini aja, karena dana collection, bunga dpt lbh tinggi

yogaadita
@a_aldi #dplk 30. tentunya yang ga keberatan dengan mode pencairan DPLK PSU yang agak sedikit lebih banyak constraint -nya

yogaadita
@a_aldi ok, kultwit #dplk sesi 2 diakhiri sampai di sini dulu aja ^^


segala macam pertanyaan bisa diajukan langsung ke pemberi materi kultwit, ato mungkin jg bisa via comment box yang akan diteruskan kepada ybs..

Labels: , ,

[ 2 COMMENT(s) SO FAR]