tenggang rasa? .... blah!  
Monday, September 01, 2008 @ 11:34 AM


II. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
4. Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira.
5. Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain.


V.Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
2. Mengembangkan sikap adil terhadap sesama.
4. Menghormati hak orang lain.


masi inget butir2 PANCASILA di atas?
aldi ngutip dari Sila ke-2 dan ke-5 ...
seharusnya sebagai warga negara, minimal kita semua mengenyam kata2 di atas selama 9 taun (SD=PMP=6 taun, SMP=PPKn=3 taun) .. kalo ngenyam pendidikan kuliah berarti ditambah 3 taun plus 2 SKS (di UNPAD dulu PPkn itu 2 SKS.. dapet A lagi yeeee)
dengan lamanya waktu pemahaman, harusnya butir2 Pancasila di atas bisa dipahami, dimaknai dan diamalkan dengan baik dan benar ..
praktiknya? ... blah!!

mo liat buktinya?
gampang.. sering2 aja pake fasilitas umum .. tenggang rasa? tepa selira? (dari dulu masi bingung, tepa selira itu apa sih?) tidak semena2? hahahahha teori dan lebih kepada penghapalan semata ...

bukti yg masi anget2 kuku itu 3 hari yang lalu ...
waktu lagi naek busway dari Blok-M mo ke Benhil, kebetulan pas dari Blok-M masi dapet tempat duduk di bagian belakang .. sampe Ratu Plaza (Halte Bunderan Senayan) masuklah ibu2 yg sudah cukup lanjut usia sambil bawa barang bawaan yang cukup banyak ... pertama, dari pintu masuk busway ke tempat duduk bagian belakang itu cukup banyak anak muda (cowok) yg ga tampak sakit, badannya terlihat sehat tanpa kekurangan apapun .. tak adakah rasa iba? tak adakah rasa tenggang rasa ato empati? .. ok ga masalah, mungkin orang2 tersebut punya syndrom paruspel (pantat harus nempel) .. toh aldi dah deket ini juga dan kasian liat ibu2 (sori bukan sok pahlawan, tapi rasanya memang bukankah ada semacam aturan ga tertulis yang mengharuskan kita begitu?), dan jreng jrengggg apa yg terjadi sodara2?

pas aldi berdiri dan berujar "silahkan bu, duduk saja.." .. siuuut tiba2 ada bapak2 yg secepat kilat nempatin korsi bekas aldi .. eee jurig! emang dewek mikeun jang saha? (bahlul! emang gw ngasi buat siapa?) ... sontak semua kaget dan geleng2 kepala, demi kesopanan aldi tanya si bapak2 dengan baik2 "maaf pak, kursi itu untuk ibu saja.. kasian" apa jawab si bapak? "ah saya duluan kok ya buat saya donk" ... edaaann cuek sekali dikau!! pas dibentak "kalo gitu saya mintu bapak berdiri lagi!" elah cuman geleng2 rehe gitu, sumpah klo si ibu ga bilang "udah mas ga apa-apa" dan tujuan masi jauh, itu si bapak gundulnya mau aldi oles!! (si bapak2nya gundul, maaf bukan rasial thd gundul2 yg lain).. tingtong! halte benhil nyampe dan rupanya ada seseorang yg tergerak juga dan memberikan korsinya untuk si ibu ... sementara si bapak cuman siul2 rehe sambil nyanyi2 ... makhluk mati rasa memang!

ini kah warga negara yang baik? yang harusnya berfalsafah pada Pancasila? .. sekola kah?
contoh tenggang rasa "ala" orang Indonesia ... ya ya ya, inlah cerminan orang Indonesia yang "katanya" memegang teguh adab dan budaya ketimuran yang katanya beradab dan penuh sopan santun ... iya kah?

KAHHHHHHHHH!

bleh esmosi deh, padahal lagi shaum ... klo gitu esmosinya ga jadi, tapi di bulan yang baik ini ngajak mari kita bisa lebih bertenggang rasa terhadap sesama dan lebih menghormati orang lain .. selain menimbulkan suasana yang lebih baik tentunya Insya Allah menjadi ladang amal...

Labels: , ,

[ 0 COMMENT(s) SO FAR]