life as pincapem (1) .. profil bisnis  
Monday, October 28, 2013 @ 2:51 PM


"coba kamu.. sebutkan titik kritis dalam probing calon debitur Jasa Konstruksi"
Tanya seorang instruktur berlevel GM dalam suatu pendidikan di Jakarta, minggu kemarin...

Wuaduh, apa ya? Maklum selama hampir satu tahun di sini, usaha debitur lebih banyak ke perdagangan, segera tangan diarahkan membuka tablet dan gugling tentang probing usaha jasa konstruksi, eh nyambungnya ke salah satu website sahabat blogger, yang juga pernah menjabat GM di institusi tempat saya bekerja.. Terima kasih tulisannya Ibu Enny, jadi ketambahan deh materi presentasinya hehehe.

Sebagai pimpinan unit kerja kecil suatu bank, yang salah satu pekerjaannya adalah menyalurkan kredit, probing atau pengenalan kepada calon debitur adalah sangat penting untuk dilakukan, hal ini agar pihak bank dapat mendalami 5C's atau hal2 lain dari sang calon debitur tersebut.

Di tempat saya bekerja, kredit yg disalurkan lebih bersifat komersil/produktif yang erat kaitannya dengan dunia usaha, sehingga penting bagi saya untuk mengenal profil bisnis serta titik kritis yang perlu diperhatikan dari usaha tersebut. Beruntung, ketika pendidikan pertama, seorang instruktur yang merupakan wakil kepala audit memberikan berbagai macam jenis profil bisnis/usaha... as we know it, engga saya baca hahahaha, saya baca kalo memang ada calon debitur yang jenis usahanya belum pernah dipelajari.
Tentu sajayang namanya dunia usaha, bermacam2 jenisnya, tidak semua tergambar dalam materi tersebut. Sebutlah salah satu debitur yang mempunyai usaha jasa kepengurusan tambat kapal, hahaha terdengar ribet bukan? Untuk hal tersebut terkadang, kita perlu kombinasi beberapa profil bisnis seperti biro jasa dan perkapalan.
Mengetahui profil bisnis tidak melulu untuk analisa calon debitur, bisa juga digunakan sebagai media marketing ketika berbicara dengan calon nasabah. Dengan mengetahui profil bisnis kita bisa ikut berbicara dalam bahasa yang sama dengan calon nasabah dan selalu menemukan topik pembicaraan ketika sedang dalam proses pemasaran.

Hal lain yang menarik dari dinamika jadi pincapem... belajar profil bisnis..............

Labels: ,

[ 0 COMMENT(s) SO FAR]