mangga dicobian heula ...  
Thursday, July 09, 2009 @ 1:53 PM


"tah nu ieu amis"
"dicobian heula geura ..."
"upami henteu amis mah teu kedah dipeser"

(nah yang ni manis nih, cobain dulu deh, klo ga manis ga usah dibeli deh)
kata seorang pedagang buah2an yg menawarkan dagangannya ..
dgn terlebih dahulu mengizinkan calon pembeli untuk mencicipi buah yg sudah dikupas terlebih dahulu oleh si penjual ...

yg suka aldi lihat, orang2 kebanyakan klo mo beli buah selalu pengen icip2 dulu buahnya (walo kadang heran juga sih, bisa aja yg dicoba manis tapi sisanya/yg dibeli asem) .. nah! klo beli di pasar atau kaki-5 atau kios buah2an gitu, biasanya kejadiannya suka kayak tadi, ada pedagang yg nawarin utk icip2 dulu dengan buah yg sudah dikupas oleh si penjual ..

nah kalo ga ada yg dagangnya gimana?
semisal disebuah supermarket gitu .... ada tumpukan jeruk medan yg menarik, harganya boljug 1200/gram misalnya ... boleh ya? kupas 1 jeruk terus dimakan 1 irisan doank, kalo ga manis terus tinggal gitu aja? yg ngasi izin buahnya boleh dikupas siapa?
satu orang calon pembeli ngupas satu buah klo lima orang calon masing2 ngupas satu buah juga brarti ada lima buah yg terbuang cuma2 ...
padahal satu buah bisa nyampe lima kilo ...


boleh? engga? boleh? engga? boleh? engga?
.... tulisan terinspirasi ketika beli jeruk medan, sibuk milih2 buahnya, ngeliat warnanya, mijit2 kekenyalannya.. kemudian tiba2 dateng 2 orang ibu2
ibu 1: "eh jeruk medan nih.." *sambil ngupas 1 buah trus icip 1 irisan doank
ibu 1: "emhmm.. seger sih tapi agak asem"
*ibu 2 dateng
ibu 2: "masa sih?" *ngupas 1 jeruk lagi (bukan nyoba punya si ibu 1) trus icip 1 irisan
ibu 2: "iya nih, beli apel fuji aja deh"
ibu 1: "heeh"
*ibu 1 dan ibu 2 berlalu
*si aldi melongo menatap 2 jeruk yg terbuang cuma2 lalu mengambil gambar 2 jeruk yg merana itu
2 jeruk yg merana



iya sih, jeruk doank .. apa sih artinya 1 jeruk 2 jeruk buat pasar ritel/supermarket ... tapi ya kok rasanya aneh?


eh iya .. klo ga salah, walo kata si ibu 1 jeruknya agak asem tapi dia ngambil setengah jeruk ...
walah komen kok doyan?

Labels: , ,

[ 0 COMMENT(s) SO FAR]