surat keterangan sehat ....  
Tuesday, June 16, 2009 @ 9:28 AM


pernah ke Puskesmas?

yaaaa klo belum pernah cek atau konsultasi pasti pernah liat kan yg namanya PUSKESMAS?
keberadaan Puskesmas mungkin dulu sering disepelekan sbg tempat pemeliharaan kesehatan dan pengobatan dengan harga miring, sehingga identik dgn pengobatan kelas bawah, belum lagi kalo ngeliat bangunannya yang yaaa rada2 kurang terawat ...
... itu mungkin dulu, sekarang liat Puskesmas yang ada di Kircon Bandung ato Palmerah Jakarta, uwoooow udah mirip Rumah Sakit aja, bahkan sampe sedia IGD 24 Jam-nya segala, tempatnya bersih dengan bangunan yang mentereng, keren! ... ga heran kalo dulu Puskesmas kebanyakan orang2 dateng pake angkot, sepeda dll, sekarang parkiran Puskesmas sudah mulai terisi mobil2 pasien atau pengunjung ......
aldi sendiri udah beberapa kali meriksain diri ke Puskesmas, bahkan buat berobat waktu sakit gigi juga pernah (akibat iming2 istri yang bilang murah dan dokternya cantik, emang cantik sih, tapi giliran diperiksa si dokter malah pergi dan diganti dokter cowok... grmbll)
semoga Pemerintah yang baru nanti memperhatikan dan terus membesarkan Puskesmas sebagai salah satu sarana layanan kesehatan yang terjangkau oleh semua lapisan masyarakat ...

bukan itu sih yg mau dibahas ....
pernah bikin Surat Keterangan Sehat?
kalo pernah, biasanya di mana?
udah pernah bikin di Puskesmas? ............. kalo di sana, biasanya cukup daftar, bayar 5000, ditanya nama, tinggi badan, berat dan umur, petugas ngisiin data2 kita di sebuah formulir, formulirnya dikasiin ke dokter, dokter tandatangan formulir tsb, formulir tsb dikasiin ke kita deh sama si petugas...
dan formulir tsb lah Surat Keterangan Sehat-nya
simple kan?
.......... tapi kok ga diperiksa ya? ga ada konsultasi dulu sama dokternya .. gimana kalo kita ngasi data2 yg salah ttg tinggi badan, berat dan umur? kok ga diperiksa? gimana klo orang sakit bikin keterangan sehat dan lolos2 aja?
udah beberapa kali ke Puskesmas dan terakhir nganterin istri kemaren buat bikin surat tsb, prosedurnya selaluuu aja sama
padahal waktu bikin di salah satu klinik dan lab, ada konsultasi dokter dulu ... tinggi badan dan berat pun susternya yg meriksa, bukan kita yg ngisiin ...

anyway, surat keterangan sehat itu biasanya diisi atas penilaian apa aja ya?
mudah2an sih pembuatan surat keterangan sehat ga secluscles gitu, agar pelayanan Puskesmas juga semakin maju .....

Labels: , ,

[ 0 COMMENT(s) SO FAR]