Bola Kancing  
Wednesday, September 27, 2006 @ 9:56 AM


masi dalam suasana Ramadhan ..
tadi pagi pas mo berangkat ke kantor (hmmm harus lebih pagi nih, soalnya jadi masuk jam 7.15), kebetulan ngeliatin anak2 kecil yg masi bawa2 sarung pulang kuliah subuh bergerombol gitu, hmmm tentunya menyenangkan, kebiasaan ini biasanya ada di komplek2 perumahan atau kampung2 gitu (seperti Kampung Baru-JKT Barat ^^), setelah selesai kuliah subuh biasanya anak2 itu pada maen entah maen bener atau cuman sekedar kumpul2 ngobrol dan bercerita ..
jadi inget waktu kecil dulu juga gt (di komplek Simpay Asih Ujung Berung BDG), biasanya setelah sirine imsak bergaung (sirinenya mirip ky sirine di Silent Hill =P), anak2 kecil mulai tereak2 manggil temen2nya "aldiii.. aldiiii.. aseppp.. aseppp.. rezaaa.. -dsb dsb- subuh yu" (hehehe aneh, knp jg waktu kecil itu klo nyari orang musti tereak2, ga ngetok rumah dan nanya "aldi-nya ada bu?") setelah itu dilanjutin dgn solat subuh di mesjid sekalian ikut ceramah kuliah subuh (demi ngejar target ngisi buku ceramah Ramadhan =P)
nahh selesai subuh inilah anak2 kecil biasanya ngisi acara.. hmmm entah energi dari mana kok bisa paginya maen abis2an trus shaum sampe sore .. klo dulu (terutama pas libur) klo ga ngumpul cuman buat ngobrol, biasanya ngumpul di salah satu rumah anak utk nyetel VHS, atau kadang yg ngabisin energi kayak maen bola, petak umpet atau galah jidar, tapi biasanya sih nyari yg ngabisin energi dikit kaya permainan bola kancing ..


ya .. bola kancing, bola kancing ini permainan yg cukup menarik, sistem permainannya yg agak mirip karambol, cm dengan alat bantu buat majuin kancingnya (penggaris plastik yg dipatahin misalnya dgn cara neken si penggaris ke kancing biar kancing maju), dengan media kayu papan triplek sebagai alas "lapangan sepak bola" yg udah dilapisin stiker spot lite warna hijau biar kancing bisa melaju mulus, ga lupa juga papan itu dikasi gawang yg biasanya dibuat dari sedotan sebagai tiang dan perban sebagai netnya, untuk bola sendiri dibikin dari kancing yg kecil kemudian dipotong2 pake gunting kuku shg lebih kecil lg. "Pemain" dibuat dari kancing ukuran kemeja yg di atasnya udah dikasi kertas sbg no.kostum & nama pemaen, jumlahnya 1 lusin (krn klo beli kancing kan min. 1 lusin) berarti 10 pemain 2 cadangan karena utk kiper digunakan kancing ukuran besar. Lama permainan biasanya 2x20 menit, tanpa sistem offside namun ada pelanggaran (misalnya klo kancing kita nyenggol kancing lawan sampe kebalik atau bergeser jauh), tendangan sudut bahkan penalti ..
saking seriusnya hampir setiap anak punya tim sendiri (waktu itu aldi sendiri milih Jepang sama Flamengo) dan punya stadion atau papan sendiri2, sehingga klo bikin liga slalu ada istilah home-away. Final biasanya dilakuin di rumah A Gungun, menjelang dah mo deket2 lebaran di papannya yg udah kaya stadion dan dikasi nama San Siro .. hahahahahhaa

Punya kegiatan pagi hari saat Ramadhan memang menyenangkan, apalagi klo yg bersifat permainan gitu, waktu kecil itu betul2 menyenangkan .. slama ngga mengganggu ibadah shaum itu sendiri atau mengganggu orang lain (kaya petasan misalnya) ya knp tidak?
hmmm klo sekarang mungkin udah agak ga mungkin utk punya kegiatan kaya gitu lagi, abis sahur aja biasanya lgs tidur lagi, maklum jam 6.15 harus berangkat =P


Flamengo FC, official site
JFA, Japan Football Association
San Siro, official site


-Add Comment-
[ 0 COMMENT(s) SO FAR]