Tuesday, April 05, 2011

transportasi publik dan saya.. tadi pagi

saat ini saya ingin ngedumel masalah transportasi publik..
penyebabnya?
ini nih

KRL Ekonomi?
bukan.. ini bukan KRL Ekonomi, ini KRL AC Ekonomi Bogor-Jakarta
kok bejubel gitu?
itulah yang bikin saya ngedumel

seperti biasa, saya salah seorang pengguna KRL AC Ekonomi yang berangkat dari St.Depok dengan tujuan St.Pasar Minggu pada saat keberangkatan ke kantor pagi2.. pagi ini, sedikit dikejutkan dengan banyaknya orang di peron 1 dan 2, suatu hal yang jarang saya lihat.. perasaan udah ga enak, jangan2 orang2 ini mau naek KRL AC Ekonomi juga.. padahal, biasanya ga sepenuh itu..
dan benar saja.. ketika KRL AC Ekonomi Bogor - Jakarta itu datang, bagaikan melihat gerobak berisi ikan pindang.. penuh sesak, bahkan sampai pintu2nya pun tidak ditutup karena banyak penumpang yang bergelantungan (di tempat turun, bahkan saya baru tahu ada yg sampe naek ke atap), biasanya ketika kereta berhenti di St.Depok, KRL ini paling cuman ditambah 3 orang perpintunya, tadi pagi? sampe 20 orang perpintu.. dengan keadaan sudah berjubel, ditambah pula ratusan orang... Ya Tuhan, sebetulnya enggan untuk naik, tapi apa boleh buat, waktu sudah menunjukkan pukul 06.20 (terlambat 15 menit pula dari harusnya berangkat 06.05)
dan ketika saya turun di St.Ps Minggu, makin terlihat isi KRL makin menggila, bahkan gerbong khusus wanita yang ada di ujung rangkaian pun sudah dimasuki pria.. ck ck ck

lagi-lagi, transportasi publik yang menjadi tumpuan banyak masyarakat kembali mengecewakan.. bagaimana masyarakat mau beralih dari moda pribadi ke transportasi umum jika transportasi umumnya pun seperti itu
..kenyamanan..
..keamanan..
..ketepatan waktu..
hal-hal yg vital dalam transportasi publik dan sayangnya belum mampu dipenuhi oleh transportasi publik di negara ini.. entah angkot kek, bus kota kek, metromini kek, busway kek, KRL kek.. semuanya mentah

saya jadi iri dengan transportasi publik yang ada di Singapura, ketiga hal vital tersebut mampu dipenuhinya.. untuk urusan kenyamanan, saya baru lihat ada orang tua yg dengan santai dan tenangnya membawa bayinya dalam kereta bayi kedalam bus atau MRT ketika jam sibuk, di sini? cis jangan harap saya bawa2 si adin pas jam pergi/pulang kantor naek busway/KRL.. keamanan? buang sampah pun enggan apalagi berbuat kriminal.. ketepatan waktu? predictable.. dibilang transportasi datang 5 menit lagi ya bener 5 menit lagi ada

tapi ya itu di Singapur, yg ngurusnya mungkin ga seruwet tempat segede Jakarta atau bahkan Indonesia.. tapi sebagai pengguna transportasi publik, tentunya boleh donk saya berharap someday negara ini berpihak dan memanjakan pengguna transportasi publik (walau entah kapan)..
tentu saya boleh berharap ketika jam pergi/pulang kantor busway cuman menunggu 5 menit dan tidak berdesak2an.. tentu saya boleh berharap kedatangan KRL pas sesuai jadwal dan bisa duduk dengan nyaman.. tentu saya boleh berharap bisa menjangkau tempat2 terntu dengan menggunakan transportasi publik yang nyaman dan tepat waktu

... semoga
Share:

2 comments:

utaminingtyazzzz said...

gila juga tu kereta. udah gitu, dari stasiun pasar minggu ke kantor juga khan sering macett berat di Jati Padang

Anonymous said...

quote :
"..kenyamanan..
..keamanan..
..ketepatan waktu.."

amin..
itu emang yg dicari dan masih susah ditemukan ...