KIM  
Monday, December 14, 2015 @ 5:23 PM


KIM atau Kesenian Irama Minang merupakan salah satu hiburan favorit di Sumatera Barat ketika ada acara2 besar. Tidak heran kalau KIM merupakan acara puncak jika ada suatu pagelaran atau perhelatan acara besar, saking ditunggu2nya bahkan penampil2 band bisa disuruh turun oleh penonton yang sudah tidak sabar hahaha.

Seperti apa sih KIM? Tau permainan BINGO? Yaaa mirip2 itulah. Jadi para penonton yang akan diberikan kupon yang berisikan angka2 dari 1-90, yang ditempatkan dalam deretan 6 baris dan 9 kolom, satu baris diisi oleh 5 angka sedangkan 4 lainnya dibiarkan kosong. Aturan mainnya, nanti akan ada penyanyi yang sambil mencabut angka secara acak dari kaleng yg berisikan angka2 dari 1-90. Setiap angka yang disebut akan dilingkari oleh peserta/penonton dan bila nanti apabila 5 angka dalan 1 baris berhasil dilingkari, pemain maju menghampiri si penyanyi untuk diperiksa keabsahan baros serta angkanya, jika dinyatakan sah maka si pemain akan mendapatkan hadiah.
Hadiah sendiri biasanya bertahap mulai dari yg murah sampai puncaknya yg termahal.

Pada perayaan HUT kantor kemarin, diadakan family day yang ditutup dengan acara KIM. KIM ini betul2 magnet bagi khalayak ramai. Sebelum ishoma, para pekerja dan keluarganya sudah mulai tampak lelah dan seperti ingin pulang karena sebelumnya mengikuti acara jalan santai dan berbagai perlombaan, tapi begitu KIM dimulai semuanya berkumpul kembali dan konsentrasi sambil bernyanyi2 berjoget2 mengikuti dendang si penyanyi, sambil tertawa2 karena nomornya banyak yang meleset, fun.

Kemeriahan KIM dan menariknya KIM menurut saya bergantung pada kemampuan sang penyanyi untuk membawakan acara KIM, entah apakah banyak interaksi dengan penonton, mengajak menyanyi penonton atau melemparkan guyonan2 (lah, emang ngerti? eee alah bisa bahasa Minang saketek2). Pun yg terjadi di acara family day kemarin, sang penyanyi mampu membawa atmosfer yang menyenangkan walau hadiah pemuncak hanya berupa kulkas 1 pintu apalagi kalau sambil memenangkan hadiah, seperti saya kemarin yang lumayan bisa memboyong 1 tea set.

Anyway, selamat ulang tahun ke-120 kantor tercinta, semoga makin sukses dalan BRINOVASI

Labels: ,

[ 0 COMMENT(s) SO FAR]