Sunday, February 09, 2020

JAK3 GALAXY


JAK3 GALAXY, sebuah tema yang lagi happening di regional office saya saat ini.

Sebelumnya, saya sudah bercerita kalau sekarang mempunyai amanah baru di regional office Jakarta 3 yang berlokasi di BSD City, Tangerang Selatan.
Bertugas kembali lagi ke Tanah Jawa setelah... sebentar
2 tahun di Medan
3 tahun di Lubuk Sikaping
1,5 tahun di Makassar
Ok, setelah 6,5 tahun berdinas di luar Pulau Jawa. Bertemu dengan tim baru dan rekan kerja baru untuk pengalaman yang baru pula..




Kembali lagi ke logo di atas, JAK3 GALAXY, merupaka  tema rapat kerja wilayah Jakarta 3 di tahun 2020.
Selama 6,5 tahun keluar dari kantor pusat, setiap tahunnya saya selalu mengikuti rapat kerja wilayah (rakerwil) yamg dilakukan dalam rangka memantapkan visi, misi serta strategi dari top management regional office hingga pekerja dasar.

Jadi hampir 6 kali saya mengikuti rakerwil dan to be honest, inilah rakerwil saya yang paling berkesan.
Bukan karena saya ikut sebagai panitia, tapi karena whole of the show... Ambiencenya, tema dan story linenya, slogannya, pemberi materinya dan tentunya personil behind the screen

Ayo kita bahas, kenapa rakerwil ini begitu spesial bagi saya

Tema
Rakerwil kali ini mengambil tema galaksi, JAK3 GALAXY. Kenapa galaksi? Karena kantor kami dianalogikan seperti kumpulan benda2 angkasa... kumpulan kantor cabang, kumpulan cabang pembantu, kumpulan channel elektronik, yang mempunyai strategi yang sudah ditetapkan (dianalogikan orbit benda angkasa) sehingga saling mendukung dan mempunyai fungsi masing2.

Karena tema galaksi yamg diambil, maka ambiance serta dekorasi yang diambil adalah bertema STAR WARS. Tunggu dulu, inipun ada kisahnya kenapa mengambil tema Star Wars.
Seperti yang kita ketahui, bank dewasa ini menghadapi berbagai macam tantangan, digital disruption, persaingan suku bunga, milenial habbit yang dianalogikan sebagai para lord sith dan para peserta? Ah oasti sudah bisa ketebak, para peserta dianalogikan sebagai jedi dan padawan yang akan menerima arahan dari para Master Jedi dalam suatu rapat akbar untuk menghadapi tantangan tersebut
Bahkan kami mendapat kehormatan  Bapak CEO mau turut dalam aksi teatrikal saat pembukaan acara, beliau berperan sebagai Master Jedi yang mengalahkan lord sith dan storm trooper


Keren kan filosofinya? Eits... masih banyak yg lebih keren lagi

Tagline
FORCE, sebuah istilah yang tidak asing dalam dunai Star Wars, sebuah kekuatan yang dimiliki para Jedi, didapuk menjadi tagline acara. Sederhana? Sangat....
Tapi istilah tersebut dijabarkan kembali Focus, Organized, Responsible, Collaboration, Empowerment serta dibubuhi deretan angka 1.5, FORCE 1.5
Penjabaran FORCE menjadi strategi setiap bidang tugas di masing2  pekerjaan.
Fokus apa yang mau dikejar di tahun 2020? Bagaimana susunan strateginya? Siapa saja yang terlibat utk planning,  eksekusi dan monitoringnya? Demgan siapa saja yg harus terlibat? Bagaimana peningkatan kemampuan para pihak yang terlibat.
Disertai 1.5, yang merupakan sebuah semangat yg harus dimiliki utk setidaknya bisa menyampaikan 5 produk atau solusi baik bank maupun solusi/produk grup BRI saat menghadapi nasabah selaras dengan tagline perusahaan di 2020, "Integrated Financial Solutions"
Dengan tagline ini, bisa digunakan untuk mengutip kutipan Star Wars paling tenar dlm rangka mendorong semangat.
Yes, MAY THE FORCE BE WITH YOU

Pengisi Acara
Ada apa dengan pengisi acara?
Ada hampir seluruh BOD, SEVP dan Komisaris Utama yang turut hadir, boosting spirit peserta untuk berkinerja lebih baik di 2020, 8 dari 12 BOD.. well, how bout that?

Persons Behind The Screen
Dan terakhir, kenapa Rakerwil ini keren? Semangat dan ide2 gila dari para staf buat saya kagum ...
Gw punya ide gila, tapi kalian-kalian gw yakin lebih gila lagi
Sebuah pecutan semangat dari pimpinan saat selalu salah dan kurang saat membuat ide dan tema acara. Bagaimana penerapannya serta  menselaraskannya dengan strategi bidang masing2. Bagaimana membuat slogan tidak hanya slogan namun ada implikasinya dalam pembuatan strategi.

Hampir gila betulan rasanya, karena tidak menemukan tema dan slogan yg sekiranya bisa diterapkan dalam strategi

Tapi perkataan pimpinan ternyata betul, tim ini menggila saat ide2 mulai muncul

Dan wala.... jadilah JAK3 GALAXY serta FORCE 1.5


Ps :
Mau lihat seperti apa visualisasinya, sila kunjungi IG brijakarta3_id
Share:

0 comments: